Cina Minta PBB Tahan Diri dalam Sikapi Suriah  

TEMPO.CO, New York - Beijing mengimbau Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk tidak terburu-buru mengambil tindakan terhadap Suriah sampai penyelidikan oleh utusan khusus lembaga itu selesai. Tindakan sepihak yang terburu-buru, kata Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi, hanya akan memperkeruh suasana.

Dalam seruannya, Wang Yi mengatakan kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon--dalam pembicaraan telepon--bahwa Cina mendukung sepenuhnya inspeksi independen dan obyektif tanpa tekanan terhadap Suriah. "Sebelum penyelidikan mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi, semua pihak harus menghindari main hakim sendiri, dan tentunya tidak menekan Dewan Keamanan untuk mengambil tindakan," kata Wang.

Menurut dia, kekuatan militer tidak akan membantu menyelesaikan masalah Suriah, dan hanya memperburuk gejolak di Timur Tengah. "Resolusi politik adalah satu-satunya jalan keluar," katanya.

Wang mengatakan, dalam percakapan terpisah dengan Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle dan Sekretaris Jenderal Liga Arab Nabil Elaraby, bahwa siapa pun yang menggunakan senjata kimia harus menerima tanggung jawab. "Namun bersikap tenang dan menahan diri juga diperlukan," kata Wang. Menurut dia, tindakan sepihak akan menyulitkan penyelesaian persolan, dan legalitasnya akan dipertanyakan di kemudian hari.

Para pejabat Amerika Serikat mengakui, pada hari Kamis, mereka tidak memiliki bukti yang meyakinkan bahwa Assad secara pribadi memerintahkan serangan gas kimia minggu lalu. Sekutu Amerika Serikat mengingatkan, melakukan aksi militer tanpa otorisasi Dewan Keamanan PBB hanya akan membuat situasi semakin memburuk.

Pada hari Kamis, parlemen Inggris memilih menentang bergabung dengan setiap aksi militer terhadap Suriah. Langkah ini menandai kemunduran bagi upaya Amerika untuk "menghukum" Damaskus.

AL ARABIYA | TRIP B

Terhangat:

Lurah Lenteng Agung | Pilkada Jatim | Konvensi Partai Demokrat

Berita Populer

Dipimpin Lurah Susan, Warga Lenteng Tak Ambil Pusing

8 dari 10 Analis Jagokan Jokowi Jadi Presiden

Foto Mesra, Bella dan Sang Jenderal Beredar Luas

Bella Saphira-Agus Surya Bakti Nikah Jumat Besok

Mahfud Md. Tolak Ikut Konvensi Demokrat


http://id.berita.yahoo.com/cina-minta-pbb-tahan-diri-dalam-sikapi-suriah-080132010.html
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Tersedunia Powered by Blogger