Parlemen Inggris Tolak Aksi Militer ke Suriah

TEMPO.CO, London - Perdana Menteri Inggris, David Cameron, telah kehilangan dukungan penting dari negerinya. Parlemen sepakat menolak gempuran militer ke Suriah.

Dalam sebuah perkembangan yang tak disangka, Cameron dan koalisi pemerintahannya gagal meloloskan sebuah mosi yang dapat memberikan kewenangan kepada pemerintah untuk melakukan serangan militer ke Suriah. Pada pemungutan suara di Parlemen, 285 suara menolak opsi militer. Kubu yang mendukung meraup 272 suara.

Pemungutan suara yang bersifat tidak mengikat (non-binding) digelar pada Kamis petang waktu setempat, 29 Agustus 2013. Penolakan ini menyebabkan tangan Cameron terikat jika melakukan serangan militer. Menteri Pertahanan Inggris, Philip Hammond, mengatakan bahwa Inggris tidak akan ambil bagian dalam aksi militer.

"Saya berharap, kami membawa argumen namun di sana ada kecurigaan mendalam tentang keterlibatan kami di Timur Tengah," kata Hammond kepada televisi Inggris.

Hammond menambahkan, Amerika Serikat, selaku sekutu kunci, akan kecewa lantaran Inggris menolak terlibat dalam aksi militer di Suriah. Tetapi dia mengatakan, "Saya tidak berharap bahwa ketidakterlibatan Inggris akan menghentikan aksi (ke Suriah)."

Ini merupakan kekalahan luar biasa bagi pemerintah Inggris (di Parlemen) untuk bergabung bersama Amerika Serikat guna menekan Presiden Bashar al-Assad lantaran ada dugaan penggunaan senjata kimia.

Meskipun hasil pemungutan suara di Parlemen Inggris telah dikeluarkan, AS mengatakan, mereka akan tetap melakukan konsultasi dengan Inggris, "Negeri yang menjadi salah satu sekutu dan sahabat dekat."

"Keputusan Presiden Obama adalah memutuskan sesuatu yang terbaik bagi Amerika Serikat," kata juru bicara Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Dalam sebuah komentar yang dikeluarkan Jumat pagi waktu setempat, 30 Agustus 2013, Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel, mengatakan bahwa negaranya akan melanjutkan mencari dukungan internasional guna menggempur Suriah.

AL JAZEERA | CHOIRUL

Terpopuler

Foto Mesra, Bella dan Sang Jenderal Beredar Luas 

Sehari Bersama Lurah Susan di Lenteng Agung

Khofifah Kalah di Pilkada Jatim? PKB: Tunggu Dulu 

Hasil Lengkap Pilkada Jatim Versi Hitung Cepat LSI

Mahfud Md. Tolak Ikut Konvensi Demokrat


http://id.berita.yahoo.com/parlemen-inggris-tolak-aksi-militer-ke-suriah-064955687.html
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Tersedunia Powered by Blogger