Pendukung Al Ikhwan Unjuk Rasa di Seluruh Mesir

TEMPO.CO, Kairo - Para pendukung Al Ikhwan Al Muslimun berunjuk rasa di seluruh wilayah Mesir di tengah pengerahan pasukan besar-besaran, Jumat, 30 Agustus 2013.

Unjuk rasa dilaporkan berlangsung di Kota Nasr dan Mohandiseen di Ibu Kota Kairo, sebagaimana terjadi pula di Giza, serta sejumlah provinsi lainnya di Sungai Nil.

Protes menentang militer yang melakukan kudeta pada 3 Juli 2013 terhadap kepemimpinan Presiden Muhamad Mursi juga terjadi di Shoubra al-Kheima, Qalyoubia, tak jauh dari Kairo.

Menurut laporan kantor berita pemerintah, MENA, pasukan keaman memblokade seluruh jalan menuju Masjid Rabaa al-Adawiya, tempat penyokong Presiden Mesir terguling Muhamad Mursi dibubarkan paksa pada Rabu, 14 Agustus 2013.

"Jalan-jalan menuju Lapangan Tahrir, Kairo tengah, Lapangan Ramses, dan kantor Kementerian Pertahanan juga ditutup," tulis MENA.

Selain jalanan dan lapangan terbuka, aparat keamanan dilaporkan juga memblokade Masjid Qaid Ibrahim yang terletak di kota pantai, Aleksandria, sebagaimana Masjid al-Iman di Kairo Timur.

Seruan unjuk rasa massa Al Ikhwan dan aksi duduk pada Jumat, 30 Agustus 2013, akan menjadi batu ujian bagi pasukan keamanan bagaimana melumpuhkan mereka. Pasukan keamanan telah menuduh kelompok-kelompok Islam menggunakan gerakan unjuk rasa untuk menciptakan kekacauan.

Menteri Dalam Negeri dalam sebuah pernyataan di televisi nasional, Kamis, 29 Agustus 2013, mengatakan, pasukan keamanan akan bertindak tegas atas berbagai aksi yang mengancam keamanan nasional. "Kepolisian diperintahkan menggunakan kekuatan mematikan dalam mempertahankan fasilitas publik dan aset pribadi."

Dalam sebuah siaran persnya berbahasa Arab setebal empat halaman, Kamis, 29 Agustus 2013, Al Ikhwan meminta pasukan keamanan untuk tidak mematuhi perintah "membunuh."

Sementara itu, kantor berita pemerintah mengatakan sejumlah pria tanpa identitas dalam dua mobil menembaki kantor polisi di kawasan elit Kairo, Heliopolis, menyebabkan seorang perwira kepolisian tewas.

AL JAZEERA | CHOIRUL

Terpopuler

Foto Mesra, Bella dan Sang Jenderal Beredar Luas 

Sehari Bersama Lurah Susan di Lenteng Agung

Khofifah Kalah di Pilkada Jatim? PKB: Tunggu Dulu 

Hasil Lengkap Pilkada Jatim Versi Hitung Cepat LSI

Mahfud Md. Tolak Ikut Konvensi Demokrat


http://id.berita.yahoo.com/pendukung-al-ikhwan-unjuk-rasa-di-seluruh-mesir-135825834.html
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Tersedunia Powered by Blogger