Gempa Besar Guncang Barat Daya Pakistan

TEMPO.CO, Karachi - Sebuah gempa bumi besar mengguncang wilayah baratdaya Pakistan. Gempa berkekuatan 7,7 pada skala Ritchter ini menggoyang kota Khuzdar di Provinsi Baluchistan. Namun US Geological Survey di Golden, Colorado melaporkan gempa berkekuatan 7,8 SR.

Provinsi di barat daya Pakistan itu bukan hanya wilayahnya yang  terbesar, tetapi juga yang paling padat penduduknya. Belum ada laporan jumlah korban tewas sejauh ini.

Kali ini, gempa dilaporkan terjadi di daerah terpencil Baluchistan dengan populasi kecil, kata Kepala Pusat Gempa Pakistan, Zahid Rafi. Dia memperingatkan kemungkinan gempa susulan.

Gempa itu dirasakan di kota terbesar Pakistan, Karachi, di sepanjang Laut Arab. Orang-orang di gedung perkantoran tinggi di kota itu bergegas turun ke jalan-jalan setelah gempa. Televisi Pakistan menayangkan gambar lampu lalu lintas yang bergoyang karena besarnya gempa.

Gambar lain menunjukkan warga di Quetta, ibukota Baluchistan, keluar dari rumah dan kantor mereka dengan panik. Seorang warga menyatakan orang-orang mulai membaca ayat-ayat Al-Quran, ketika gempa dimulai.

Baluchistan, yang bertetangga dengan Iran, rentan terhadap gempa. Sebelumnya, gempa berkekuatan 7,8 SR yang berpusat di perbatasan Iran menewaskan sekurang-kurangnya 35 orang April lalu.

AP | TRIP B


http://id.berita.yahoo.com/gempa-besar-guncang-barat-daya-pakistan-162652021.html
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Tersedunia Powered by Blogger