Indonesia-Timor Leste-Australia Semakin Nyambung

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa mengikuti pertemuan trilateral, Indonesia-Timor Leste-Australia, di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB, New York, Amerika Serikat (AS), Rabu (25/9/2013).

Dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Marty menilai hubungan ketiga negara semakin matang. Hal itu tercermin dari berkembangnya pembahasan dalam forum mengenai berbagai prakarsa yang bersifat konkrit dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat ketiga negara.

"Pertemuan kali ini juga membahas upaya-upaya meningkatkan konektivitas kawasan untuk memperkuat hubungan sosial dan ekonomi dalam kerangka kerja sama trilateral," ujarnya.

Marty menggarisbawahi bahwa ketiga negara memiliki banyak kesamaan kepentingan di bidang lingkungan hidup, bencana alam, dan juga upaya untuk meningkatkan konektivitas.

Namun yang menjadi tema besar dalam pertemuan itu adalah, upaya untuk meningkatkan konektivitas antara ketiga negara tersebut khususnya Indonesia bagian timur, Australia bagian utara dan Timor Leste.

"Jadi tadi dibahas work program atau rencana aksi ke depan untuk bisa meningkatkan kerja sama diantara ketiga negara tersebut, bentuk kongkritnya sudah ada, berkat upaya selama satu tahun terakhir ini misalnya, telah ada jalur penerbangan antara Darwin-Denpasar, kemudian antara Darwin-Dili. Saat ini masih ada kevakuman atau belum terdapat konektivitas antara Darwin-Kupang-Dili," katanya.

Ketiga pihak juga menyepakati untuk melibatkan pihak swasta untuk bisa meningkatkan kerja sama diantara ketiga negara itu.

Baca Juga:

Indonesia-Timor Leste-Australia Semakin Nyambung

Urus Perkara Di MK, Anis Matta Klaim Tak Tahu Asal Uangnya

Tampil Seksi, Helen Flanagan Banjir Tawaran


http://id.berita.yahoo.com/indonesia-timor-leste-australia-semakin-nyambung-114829475.html
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Tersedunia Powered by Blogger