Krisis Fukushima, Pemerintah Jepang Turun Tangan

TEMPO.CO, TOKYO—Pemerintah Jepang berjanji akan turun tangan mengatasi krisis di reaktor nuklir Daiichi, Fukushima, Senin 2 September 2013. Perdana Menteri Shinzo Abe menyatakan pemerintah akan melakukan semua upaya untuk menghentikan kebocoran ratusan ton air radioaktif dari tangki-tangki penyimpanan reaktor.

Seperti diungkapkan Menteri Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga, pemerintah sejatinya mendukung operator reaktor Daiichi, Tokyo Electric Power Co, atau Tepco, sejak masalah kebocoran air radioaktif tersiar beberapa waktu terakhir. 

»Namun kami memutuskan kemampuan Tepco sudah mencapai batasnya, Pemerintah akan mengeluarkan kebijakan secepatnya, termasuk menggunakan dana cadangan negara," kata Suga kepada wartawan.

Seorang pejabat senior Jepang mengatakan bahwa pemerintah akan mengumumkan langkah darurat besok untuk mengatasi krisis di Fukushima.  

Pemerintahan Abe berada dalam tekanan setelah partai-partai koalisi mendesak pemerintah untuk terlibat di Fukushima Daiichi. Seperti dilansir kantor berita Kyodo, pemimpin Partai New Komeito, Natsuo Yamaguchi, mendesak Abe dalam pertemuan tertutup, agar segera mengatasi masalah kebocoran air radioaktif dengan bijaksana. 

Seorang pakar nuklir kepada harian Inggris, The Telegraph mengatakan bahwa menyimpan air terpapar radiasi dalam tangki baja merupakan kesalahan fatal. 

Tepco mengakui pekan lalu bahwa sekitar 300 ron air terkontaminasi radiasi bocor dari salah satu tangki dan kemungkinan telah berada di Lautan Pasifik. Pengawasan lebih lanjut pada akhir pekan lalu menunjukkan ada tiga titik di dalam reaktor yang menunjukkan tingkat radiasi sangat tinggi.

Alat pengukur mencatat salah satu tangki memiliki radiasi hingga 1.800 millisieverts per jam. Jumlah ini meningkat 18 kali lipat dari 22 Agustus lalu. Padahal, paparan radiasi terbaru ini dapat menewaskan seorang manusia dalam jangka watu empat jam.

L REUTERS | THE TELEGRAPH | KYODO | SITA PLANASARI AQUADINI


http://id.berita.yahoo.com/krisis-fukushima-pemerintah-jepang-turun-tangan-132532176.html
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Tersedunia Powered by Blogger