Orang Terkaya Cina Akan Bikin Hollywood ala Cina

TEMPO.Co, Qingdao- Orang terkaya di Cina, Wang Jianlin berencana menggelontorkan 50 miliar yuan atau sekitar US$ 8,2 miliar untuk membangun Hollywood ala Cina di timur laut kota Qingdao. Forbes menyatakan Wang berada di posisi teratas dalam daftar orang kaya di Cina, dengan kekayaan yang diperkirakan US$ 14 miliar. Dalam sebuah acara mewah, Wang mengatakan perusahaannya, Dalian Wanda Group, akan membangun studio film meniru Hollywood dalam upaya untuk mendominasi pasar film China yang berkembang pesat .

Qingdao Oriental Film Metropolis 20 studio akan mencakup sebuah studio bawah air permanen dan memiliki luas 10.000 meter persegi yang diklaim terbesar di dunia. Fasilitas lainnya akan mencakup penelitian Imax dan pusat pengembangan, bioskop dan film terbesar Cina dan museum lilin selebriti. Tahap pertama direncanakan dibuka pada bulan Juni 2016 dan akan beroperasi penuh pada bulan Juni 2017. Sebuah kapal pesiar, delapan hotel dan taman akan dibangun untuk menarik wisatawan.

Perusahaan ini telah menandatangani kesepakatan awal dengan sejumlah produsen film global, raksasa televisi, dan lembaga pencari bakat untuk menargetkan produksi sekitar 30 film asing setahun. Namun, mereka tidak menyebutkan nama perusahaan. Wang juga berharap untuk menarik lebih dari 50 perusahaan Cina produksi untuk membuat setidaknya 100 film dalam negeri dan acara televisi. Dalian Wanda, yang memiliki bisnis bioskop, hotel, dan department store di China  tahun lalu membeli bioskop AMC Amerika Serikat US$ 2,6 miliar .

Di acara di Qingdao itu, beberapa selebriti dunia bergabung. Nicole Kidman, Ewan McGregor, Catherine Zeta - Jones, John Travolta dan Leonardo DiCaprio bersama bintang Cina, Zhang Ziyi, Jet Li dan Tony Leung. Wang berharap pusat perfilman bisa bergeser ke timur. "Tidak ada perusahaan tunggal di seluruh dunia yang memiliki basis produksi skala besar, dan pada saat yang sama memiliki saluran distribusi. Wanda Group adalah yang pertama di dunia," kata Wang, " Kami membangun taman produksi film dan menghasilkan konten yang lebih baik, kami akan menjadi perusahaan paling sukses di industri ini. "

AP | EKO ARI

Terhangat:

Guyuran Harta Labora | Mobil Murah | Tabrakan Maut

Baca juga:

Al Quran di Rusia Dihancurkan, Ulama Protes

Profesor Iseng Dibui, Intip Underwear Mahasiswinya

Gereja di Pakistan Dibom, 78 Tewas

Mesir Larang Semua Aktivitas Al-Ikhwan


http://id.berita.yahoo.com/orang-terkaya-cina-akan-bikin-hollywood-ala-cina-061025630.html
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Tersedunia Powered by Blogger