Pascagempa Pakistan, Tiba-tiba Muncul Pulau Baru di Laut Arab

TRIBUNNEWS.COM – Sebuah daratan secara mengejutkan muncul di laut arab pascagempa besar yang mengguncang Pakistan. Daratan yang juga disebut-sebut mirip pulau ini memiliki ukuran seluas lapangan bola. Sebagaimana dilansir AFP, pulau baru ini berada di lepas pantai Gwadar, sebuah kota pelabuhan yang berada di barat daya pantai Pakistan.

Menurut otoritas setempat, Tufail Baluch, daratan berbatu itu tiba-tiba muncul dari dalam laut arab. Memiliki lebar seluas lapangan bola dan panjang hampir 100 meter. Ia menambahkan, daratan baru ini muncul tak lama setelah gempa dahsyat mengguncang Provinsi Baluchistan, Pakistan yang berbatasan dengan Iran.

Berdasarkan keterangan sementara, pulau ini terdiri atas material berupa lumpur dan pasir. Daratan terangkat ke permukaan lantaran adanya tekanan besar akibat pergeseran lempeng bumi. Menurut seismolog John Armbruster, peristiwa ini hanya bisa terjadi jika dipicu oleh gempa berkekuatan antara 7 hingga 8 SR.

"Pulau baru ini muncul akibat adanya tekanan dahsyat di lapisan bumi," jelas Zahid Rafi, Kepala Survey Geologis Pakistan.

Adapun kejadian ini mengundang rasa penasaran warga. Mereka ramai-ramai menuju pulau tersebut untuk menyaksikan fenomena langka tersebut dari dekat. Warga tetap nekat mendekati pulau tersebut meskipun ada larangan untuk mendekatinya. Terutama karena lapisan yang labil dan dilaporkan adanya semburan gas dari dalam laut.

"Ada air yang bergejolak di tepi pulau itu, tampaknya karena adanya semburan gas dari dalam laut. Di sekitar pulau juga terlihat adanya ikan-ikan yang mati," jelas Wakil Komisaris Distrik Gwadar, Tufail Baloch.

Ini sebenarnya bukan peristiwa kali pertama. 60 tahun silam, sebuah daratan juga tiba-tiba muncul di laut arab, tak lama setelah sebuah gempa besar mengguncang wilayah Karachi. Namun daratan baru itu, tidak bertahan lama lantaran kemudian perlahan-lahan menghilang lagi.

Korban tewas akibat gempa 7,7 SR di Provinsi Baluchistan, Pakistan, dilaporkan mencapai 271 orang dan 246 orang lainnya mengalami luka-luka. Hal itu dinyatakan oleh Kepala Manajemen Kebencanaan Palestina, Mayor Jenderal MUhammad Saeed Aleem.(Tribun Jogja/mon)

Baca Juga:

Ajaib! Gempa Pakistan Ciptakan Pulau Baru

Gempa di Pakistan Tewaskan 208 Orang

Gempa Pakistan Telan Satu Korban Jiwa


http://id.berita.yahoo.com/pascagempa-pakistan-tiba-tiba-muncul-pulau-baru-di-043120816.html
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Tersedunia Powered by Blogger