Rouhani: Saya Membawa Perdamaian dan Persahabatan

TEMPO.CO, New York - Presiden Iran Hassan Rouhani pada Selasa menyampaikan pesan berbahasa Inggris pertamanya kepada rakyat Amerika Serikat. Dalam sebuah wawancara dengan presenter ternama Christiane Amanpour dari CNN, ia menyatakan, "Saya ingin mengatakan kepada rakyat Amerika: saya membawa perdamaian dan persahabatan dari Iran kepada rakyat Amerika," katanya.

Rouhani dinilai banyak kalangan melakukan transformasi kebijakan yang konkret setelah pelantikannya. Dia baru-baru ini berkirim surat dengan Presiden AS Barack Obama, memunculkan rumor bahwa kedua pemimpin itu akan bertemu si sela-sela Sidang Umum PBB di New York.

"Ada beberapa pembicaraan tentang hal itu," kata Rouhani pada Amanpour. "Dan persiapan untuk ini sudah dilakukan."

Ia mengatakan AS menyatakan keinginannya untuk bertemu, dan pada prinsipnya Iran setuju. "Tapi saya percaya kita tidak memiliki cukup waktu untuk benar-benar mengkoordinasikan pertemuan itu," katanya.

Dua pejabat senior pemerintah AS mengatakan kepada CNN pada hari Selasa bahwa pertemuan itu dibatalkan karena dianggap "terlalu rumit". Saat disinggung apakah kondisi politik dalam negeri Iran menjadi sumber kerumitan itu, ia menegaskan telah mengantongi izin penuh dari pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, untuk bernegosiasi dengan Barat.

"Pemimpin tertinggi Iran telah mengatakan bahwa negosiasi diperlukan untuk kepentingan nasional negara, ia tidak menentang hal itu," katanya.

Kepemimpinan Rouhani dianggap kontras dengan pendahulunya, Mahmoud Ahmadinejad, yang menggunakan pidatonya di PBB untuk memuntahkan retorika menyerang Barat.

CNN | TRIP B


http://id.berita.yahoo.com/rouhani-saya-membawa-perdamaian-dan-persahabatan-123311932.html
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Tersedunia Powered by Blogger