Ulama Saudi: Perempuan Bawa Mobil Rusak Ovarium  

TEMPO.CO, Riyad - Soal boleh-tidaknya kaum perempuan Arab Saudi mengendarai mobil masih kontroversial. Salah seorang ulama konservatif di Kerajaan Saudi itu mengatakan, perempuan yang membawa mobil dapat berisiko merusak ovarium dan masalah kesehatan peranakan lainnya.

Pendapat ulama Sheikh Saleh bin Saad al-Lohaidan mendapat protes dari para aktivis perempuan yang mencoba menentang ketentuan hanya kaum laki-laki saja yang boleh menyetir mobil.

Protes ini merebak cepat di seluruh wilayah Kerajaan melalui media online dan memperoleh dukungan dari aktivis perempuan lainnya. Namun demikian, pada Ahad, 29 September 2013, Kerajaan memblokir kampanye menentang pelarangan melalui laman tersebut.

Dalam sebuah wawancara pada Jumat, 27 September 2013, di situs Sabq.org, Sheikh Saleh bin Saad al-Lohaidan mengatakan, "Kaum perempuan yang bertujuan membatalkan pelarangan mengendarai kendaraan itu lebih mengedepankan emosi dan nafsu."

Informasi yang diperoleh Reuters menyebutkan, Sheikh Saleh bin Saad al-Lohaidan adalah anggota Dewan Senior Ulama, salah satu lembaga tinggi agama di Keluarga Berencana Islam. Namun informasi lainnya, seperti dikutip Sabq.org, menyebutkan bahwa dia merupakan seorang penasehat untuk Asosiasi Psikologi (Negara) Teluk.

Dia menjelaskan, "Jika kaum perempuan mengendarai mobil, bukan karena kebutuhan murni, hal itu akan berdampak negatif pada kesehatan fisik," katanya kepada Sabq. Oleh sebab itu, ujarnya, kami menemukan (fakta) bahwa mereka yang mengendari mobil mendapatkan masalah pada kesehatan anak-anaknya. Dia tidak menyebut secara khusus soal studi kesehatan yang pernah diketahui guna mendukung pendapatnya.

Pelarangan terhadap perempuan mengendarai kendaraan didukung oleh hukum di Kerajaan, karena hanya kaum laki-laki saja yang diizinkan memperoleh SIM. Perempuan bisa saja mengendarai mobil dengan baik tetapi tetap ditahan dan diadili.

REUTERS | CHOIRUL

Terpopuler

Megawati: Mbok Jangan Terlalu Tegang Dik Jokowi

Jusuf Kalla Dukung Lurah Susan

Mega: Gaji Pak Jokowi dan Ganjar Berapa?

Pesawat Buatan Habibie Diluncurkan 2016

Megawati Isengi Sultan Yogya dengan Gigi Palsu


http://id.berita.yahoo.com/ulama-saudi-perempuan-bawa-mobil-rusak-ovarium-103643527.html
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Tersedunia Powered by Blogger