Malala Yousafzai Bertemu Obama di Gedung Putih  

TEMPO.CO, Washington - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama menemui remaja Pakistan, Malala Yousafzai, di kediaman resmi mereka. Menurut pernyataan Gedung Putih, diundangnya Malala oleh keluarga Presiden sebagai bentuk dukungan dan ucapan terima kasih atas inspirasi Malala terhadap pentingnya pendidikan bagi anak perempuan.

Pada pertemuan itu, Malia, 15 tahun, anak Obama, turut serta. Mereka berbincang dalam suasana santai.

"Ibu Negara menyatakan investasi pada pendidikan anak perempuan itu penting, bukan hanya untuk anak perempuan dan cucu perempuan kita, tetapi bagi keluarga mereka, komunitas mereka, dan negara mereka," demikian pernyataan Gedung Putih.

Pada hari Kamis, Malala dianugerahi Penghargaan Sakharov, penghargaan tertinggi di bidang hak asasi manusia oleh Uni Eropa. Malala sebelumnya juga dinominasikan untuk meraih Nobel Perdamaian, tapi gagal.

Berasal dari Lembah Swat, Pakistan, Malala menjadi terkenal pada tahun 2009 setelah menulis blog anonim untuk situs BBC berbahasa Urdu tentang kisah hidupnya di bawah pemerintahan Taliban. Ia mengeluhkan kurangnya pendidikan bagi anak perempuan.

Namanya mulai dikenal secara internasional setelah ia selamat dari upaya pembunuhan oleh Taliban, kendati terluka parah. Setelah serangan itu, dia diterbangkan ke Inggris untuk perawatan medis. Sekarang Malala tinggal di Birmingham, tempat dia melanjutkan pendidikannya.

BBC | TRIP B


http://id.berita.yahoo.com/malala-yousafzai-bertemu-obama-di-gedung-putih-052011064.html
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Tersedunia Powered by Blogger